Selasa, 27 Maret 2012

Manfaat Ampas Kopi



          Kopi merupakan salah satu minuman yang wajib ada di tiap rumah, tidak sedikit pula orang menjadikan kopi sebagai minuman wajib di pagi hari. menurut penelitian para ahli, kopi memiliki berbagai manfaat bagi peminumnya asalkan dikonsumdi dengan tidak berlebihan. Selain minumannya yang sedap, ternyata ampas kopi juga memiliki berbagai manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ampas seduhan kopi.
  1.      Menghilangkan Bau Amis
     Setelah makan ikan ataupun makanan lain yang berbau menyengat terkadang menimbulkan bau amis yang sukar hilang pada tangan. Untuk menghilangkan bau tersebut bisa menggunakan ampas kopi yang digosokkan pada tangan, kemudian basuh tangan sabun dan bilas hingga bersih.
  2.      Menghilangkan Aroma Tak Sedap Pada Sepatu
     Sepatu yang digunakan sepanjang hari sering menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk mengurangi bau tersebut, masukkan ampas kopi kering ke dalam sebuah kantong kain lalu masukkan pada bagian dalam sepatu saat tidak digunakan. Gantilah kantong kopi tersebut setiap  3 hari sekali.
Tapi tetap yang paling penting adalah jangan lupa mengganti kaos kaki setiap hari dan gunakan sepatu dalam keadaan kering.
  3.      Mengharumkan Lemari Es
     Untuk menghilangkan aroma tak sedap pada lemari es, masukkan ampas kopi dalam kantong kain lain lalu letakkan dalam lemari es.
Kantong kain ini juga dapat diletakkan di dalam mobil jika muncul aroma yang tidak sedap.
  4.    Pembasmi Lalat
     Untuk menghindarkan lalat dari makanan kita, letakkan ampas kopi dalam sebuah piring kecil dan nyalakan lilin di dekatnya. Api yang menyala akan menajamkan aroma kopi yang terbakar sehingga tidak disukai oleh lalat.
  5.   Mengurangi Bau Rokok dalam Ruangan
     Tempatkan ampas kopi basah pada dasar asbak supaya abu tidak beterbangan ke seluruh ruangan, ampas kopi ini sekaligus menyerap bau asap rokok tidak sedap yang tertinggal di dalam ruangan.
  6.      Pembasmi Hama Tanaman
     Seduh kembali ampas kopi dengan menggunakan air panas, lalu dinginkan kembali. Siramkan campuran air kopi tersebut pada tanaman agar terhindar dari hama. Lakukan hal tersebut secara teratur.
  7.      Pupuk
     Campurkan ampas kopi dengan tanah yang akan digunakan pada tanaman. Campuran ini dapat membantu tanaman agar terhindar dari hama dan dapat tumbuh dengan lebih baik.
  8.      Umpan Memancing
     Umpan cacing yang telah banyak tersentuh oleh tangan tidak akan disukai oleh ikan. Untuk itu lumuri umpan cacing dengan ampas kopi agar bau umpan tetap segar.
  9.      Bahan Untuk Kerajinan Tangan
     Untuk membuat kerajinan tangan, keringkan ampas kopi yang akan digunakan. Lalu taburkan atau ratakan di atas papan yang telah ditempeli pola hiasan. Ampas kopi ini berfungsi sebagai dasar atau alaspada hiasan.
  10.  Mengusir Semut & Bekicot
      Semut dan bekicot juga dapat merusak tanaman. Untuk mengatasinya, tebarkan ampas kopi pada rute jalan semut dan bekicot secara acak agar tidak kembali lagi merusak tanaman.
  11.  Membersihkan Kerak Panci
     Gunakan ampas kopi untuk membersihkan kerak pada panci, caranya dengan menggosokkan ampas kopi pada panci atau wajan yang berkerak. Kemudian cuci kembali dengan sabun dan bilas hingga bersih.


Tabloit NYATA, Edisi 2108 tanggal 1 Desember 2011



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar